Advertise Here

TAMAN ILMU

- Another Blogger Blog's

Pengunjung Blog



Berbagai aktivitas yang kita lakukan baik itu melihat maupun mendengar apa saja yang ada disekeliling kita merupakan sumber ilmu. Alangkah baiknya apabila kita bersedia meluangkan waktu untuk menelaah, menyempatkan waktu untuk membaca. Manfaatkan waktu luang kita untuk membaca jika kita ingin maju. Walaupun waktu luang kita sangat singkat (beberapa menit). Membaca bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Membaca kita dapat  memperoleh ilmu-ilmu yang bermanfaat, selain itu dengan membaca kita dapat mengetahui perkembangan apa saja yang telah terjadi saat ini kalau itu berupa berita. Dengan membaca kita dapat memperluas wawasan kita. Dari kita belum mengetahui, setelah membaca kita menjadi tahu dan mengerti tentang apa yang dibahas pada tulisan tersebut. Dari buku kita bisa mengetahui segala informasi. Membaca satu jam lebih baik dari pada tidak membaca sama sekali, Bahkan karena pentingnya aktivitas membaca, ayat al-qur'an turun kepada Rasulullah SAW adalah perintah untuk membaca. Iqro’ berarti bacalah.

Ketika dalam keadaan menunggu, buku bisa dijadikan sahabat yang akan tetap menambah nilai manfaat dari waktu yang tersia-siakan. Ketika dalam keadaan senggang, buku bisa menjadi sumber inspirasi dalam melakukan setiap aktivitas.

Seseorang yang bekerja menunggu toko mungkin mempunyai banyak waktu luang. Dari pada berdiam diri ngelamun bahkan mengantuk, ada manfaatnya jika waktu luang tersebut digunakan untuk mencari ilmu dan wawasan dengan membaca buku, buku apa saja yang memberikan banyak manfaat. Seorang sopir dari dokter X, ketika mengantarkan majikannya visit pasien ke rumah sakit, sambil menunggu dokter majikannya selesai memvisit pasien juga bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca.

Seorang dosen, beliau bercerita “dimana saya berada selalu memegang catatan untuk dibaca”. Pada kenyataannya beliau berhasil menempuh pendidikan dokter spesialis, dan sekarang sudah bekerja dirumah sakit sebagai dokter spesialis kandungan.

Saya juga pernah membaca suatu tulisan dalam buku, disitu diceritakan bahwa negarawan-negarawan di dunia yang terkemuka, kalau dipelajari riwayat hidupnya, maka satu keistimewaannya ialah bahwa disamping seorang ahli negarawan (ahli ilmu tertentu), mereka adalah orang-orang yang bukan membaca satu atau dua buku, akan tetapi mereka membaca berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus buku.  

Bagi mahasiswa atau pelajar, pelajaran yang diberikan oleh seorang dosen atau guru tidaklah cukup untuk mengantarkan mereka untuk berhasil dalam studinya. Untuk mencapai keberhasilan mereka harus mengimbanginya dengan kegiatan membaca sendiri materi-materi didalam bukunya ketika tidak sedang berada di sekolah atau kampus. Dari 100% kegiatan belajar, paling tidak membaca 60%, pelatihan soal 25%, memperhatikan ulasan dosen 10% dan membuat rangkuman 5%.

Membaca tidak hanya diwajibkan bagi yang sedang studi si sekolah atau kampus. Seseorang yang sudah bekerja pun alangkah baiknya jika mereka mempunyai niat dan kemauan untuk membaca. Tetapi terdapat orang, membaca jika hanya waktu menyelesaikan suatu tugas dan itu membutuhkan materi-materi yang ada pada suatu buku, barulah mereka mau membuka buku dan membacanya.

Buku bisa menjadi teman dalam perjalanan yang selalu siap diajak kemana saja tanpa peduli jarak yang ditempuh, dia tidak pernah mengeluh ketika kita sering (membalik mbolak eh) membolak-balik halamannya.

Budaya membaca perlu kita lestarikan. Tiada hari tanpa betambahnya ilmu. Salah satu sumber ilmu adalah dengan membaca buku, bawa buku kemanapun kita pergi. Jangan sia-siakan waktu luang kita hanya dengan ngelamun dan ngobrolin hal-hal yang selayaknya tidak perlu kita obrolin. Manfaatkan waktu menunggu kita dengan membaca. Mari kita jadikan buku sebagai sahabat terbaik, saat keadaan apapun, kapanpun dan dimanapun kita berada.

Banyak manfaat yang didapat dengan membaca, mulai sekarang mulailah membaca kawan.

0 komentar:

Posting Komentar

untuk menjadikan blog ini bermanfaat
saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan
terima kasik..

Yusfa,

Sebiru Hari Ini : Edcoustic